Sabar : Kunci Kecerdasan Emosi

Sabar : Kunci Kecerdasan Emosi (1) 

Pendahuluan

Kecerdasan merupakan ciri keunggullan manusia dalam memahami ,

memutuskan dan mengantisipasi. Kecerdaasan seseorang sering tidak

dapat difahami seketika oleh orang kebanyakan , tetapi kemudian

menjadi kajian yang tak habis-habisnya setelah menjadi sejarah. Dalam

perspektip ini jarak antara orang cerdas dengan orang gila sebenarnya

sangat tipis, sehingga gagasan-gagasan orang cerdas sering dianggap

gagasan gila. Kecerdasan seseorang memungkinkannya memiliki jarak

pandang yang jauh, dua, tiga atau lebih dimensi, sementara orang

kebanyakan hanya mampu melihat satu atau maksimal dua dimensi.

Pada umumnya kecerdasan dihubungkan dengan akal (intelektuil), tetapi

kecerdasan intelektual ternyata belum menjamin ketepataan keputusan,

sehingga dewasa ini orang sudah mulai membicarakan tentang kecerdasan

yang lain, yaitu kecerdasan emosionil dan kecerdasaan spirituil.

Kecerdasan intelektuil diwujudkan dalam kemampuan berfikir. Menurut

Asfihani, fikiran adalah potensi yang dapat mengantar pengetahuan

sampai kepada obyek (quwwatun mudrikatun li al `ilmi ila al ma`lum),

sedangkan berfikir artinya menggunakan potensi itu sesuai dengan

kapasitas intelektualnya.

Dalam kehidupan, berfikir diperlukan untuk (a) memecahkan masalah

(problem solving), (b) mengambil keputusan (decision making) dan ©

melahirkan sesuatu yang baru (kreatifitas). Karena kecerdasan

merupakan keunggulan maka hal itu dapat diukur kualitasnya, antara

lain melaui metode yang digunakan (deduksi,induksi), atau dilihat

seberapa tingkat kreatifitasnya (metode berfikir kreatip). Metode

berfikir kreatip sering tidak bisa difahami orang lain, dan prosesnya

melalui tahapan-tahapan, dari (a) orientasi, (b) Preparasi, ©

Inkubasi, (d) Iluminasi dan (e) Verifikasi. Orang yang bisa berfikir

kreatip biasanya mempunyai ciri-ciri : (1) meemiliki kecerdasan

diatas rata-rata, (2) memiliki sifat terbuka dan (3) memiliki sifat

bebas, otonom dan percaya diri.

Jika kecerdasan intelektuil diwujudkan dalam berfikir, maka

kecerdasan emosi diwujudkan dalam merasa. Manusia memang makhluk yang

berfikir dan merasa. Emosi nampak dalam perubahan fisik yang

diakibatkan oleh peristiwa mental, seperti : muka merah (karena

malu), muka pucat, tubuh gemetar, terkencing (karena takut) otot

mengencang (karena marah) ,mata terpejam dan menangis (karena haru

atau gembira) dan sebagainya. Emosi adalah perubahan jasmani langsung

mengikuti persepsi mengenai kenyataan yang menggairahkan.

Dalam kehidupan, kita mengenal berbagai tipologi manusia dilihat dari

sudut ini, misalnya ada orang yang sangat pemalu disamping yang tidak

tahu malu, yang penakut, disamping yang pemberani, yang sangat perasa

disamping yang sudah mati rasa atau tidak berperasaan, yang pemarah

disamping yang penyabar. dan sebagainya. Jika kecerdasan intelektual

bisa diasah, demikian juga kecerdasan emosi dapat dirangsang.

Kecerdasan emosi ditandai dengan kemampuan pengendalian emosi ketika

menghadapi kenyataan yang menggairahkan (menyenangkan, menakutkan,

menjengkelkan, memilukan dsb). Kemampuan pengendalian emosi itulah

yang disebut sabar, atau sabar merupakan kunci kecerdasan emosional.

Adapun kecerdasan spirituil merupakan kualitas kehidupan ruhaniah

seseorang dimana seseorang dimungkinkan berkomunikasi secara

rohaniah, baik secara horizontal maupun vertikal. Memahami kecerdasan

spirituil akan mudah jika menggunakan paradigma tasauf.

Sabar : Kunci Kecerdasan Emosi (2) 

Pengertian sabar adalah tabah hati tanpa mengeluh dalam menghadapi

godaan dan rintangan dalam jangka waktu tertentu dalam rangka

mencapai tujuan. Dalam agama, sabar merupakan satu diantara stasiun-

stasiun (maqamat) agama, dan satu anak tangga dari tangga seorang

salik dalam mendekatkan diri kepada Allah. Struktur maqamat agama

terdiri dari (1) Pengetahuan (ma`arif) yang dapat dimisalkan sebagai

pohon, (2) sikap (ahwal) yang dapat dimisalkan sebagai cabangnya, dan

(3) perbuatan (amal) yang dapat dimisalkan sebagai buahnya. Seseorang

bisa bersabar jika dalam dirinya sudah terstruktur maqamat itu. Sabar

bisa bersifat fisik, bisa juga bersifat psikis.

Karena sabar bermakna kemampuan mengendalikan emosi, maka nama sabar

berbeda-beda tergantung obyeknya.

1. Ketabahan menghadaapi musibah, disebut sabar, kebalikannya adalah

gelisah (jaza`) dan keluh kesah (hala`)

2. Kesabaran menghadapi godaan hidup nikmat disebut, mampu menahan

diiri (dlobth an Nafs), kebalikannya adalah tidak tahanan (bathar).

3. Kesabaran dalam peperangan disebut pemberani, kebalikannya disebut

pengecut

4. Kesabaran dalam menahan marah disebut santun (hilm), kebalikannya

disebut pemarah (tazammur)

5. Sabar dalam menghadapi bencana yang mencekam disebut lapang dada,

kebalikannya disebut sempit dadanya.

6. Sabar dalam mendengar gossip disebut mampu menyembunyyikan rahasia

(katum).

7. Sabar terhadap kemewahan disebut zuhud, kebalikannya disebut

serakah, loba (al hirsh).

8. Sabar dalam menerima yang sedikit disebut kaya hati (qana`ah),

kebalikannya disebut tamak, rakus (syarahun)

Sabar : Kunci Kecerdasan Emosi (3)

Rangking Sabar


Ada tiga tingkatan orang sabar :

1. Orang yang dapat menekan habis dorongan hawa nafsu hingga tidak

ada perlawanan sedikitppun, dan orang itu bersabar secara konstan.

Mereka adalah orang yang sudah mencapai tingkat shiddiqin.

2. Orang yang tunduk total kepada dorongan hawa nafsunya sehingga

motivasi agama sama sekali tidak dapat muncul. Mereka termasuk

kategori orang-orang yang lalai (al ghofilun).

3. Orang yang senantiasa dalam konflik antara dorongan hawa nafsu

dengan dorongan keberagamaan. Mereka adalah orang yang

mencampuradukkan kebenaran dengan kesalahan.

Secara ppsikologis, tingkatan orang sabar dapat dibagi menjadi tiga,

yaitu :

1. Orang yang sanggup meninggalkan dorongan syahwat. Mereka termasuk

kategori orang-orang yang bertaubat (at Taibin).

2. Orang yang ridla (senang/puas) menerima apapun yang ia terima

dari Tuhan, mereka termasuk kategori zahid.

3. Orang yang mencintai apapun yang diperbuat Tuhan untuk dirinya,

mereka termasuk kategori shidddiqin.

Sabar : Kunci Kecerdasan Emosi (4)

Hukum sabar.

Meski sabar itu konotasinyya positip, tetapi belum tentu tepat. Oleh

karena itu hukum sabar terbagi tiga, yaitu wajib, sunnat dan makruh.

Menyaksikan anggauta keluarganya terlibat maksiat misalnya, bersabar

dalam arti tabah hati tanpa mengeluh adalah makruh, tetapi sabar

ketika selalu gagal dalam berusaha memperbaiki mereka adalah wajib.

Kembali kepada pengertian sabar : tabah hati tanpa mengeluh dalam

menghadapi rintangan dalam jangka waktu tertentu dalam rangka

mencapai tujuan, maka kunci kesabaran adalah kesadaarn atas tujuaan

yang ingin dicapai. Orang yang lupa tujuan biasanya tidak mampu

mengendalikan emosi ketika menghadapi keadaan yang tidak mengenakkan.

Tetapi sabar juga ada batasnya, oleh karena itu kesabaran harus

selalu dievaluasi secara dinamis. Kesabaran juga biasanya berhubungan

erat dengan perasaan syukur. Artinya orang yang pandai berterima

kasih biasanya ia penyabar, sedangkan orang yang tidak mengerti

berterima kasih (kufr ni`mat) biasanya emosinya mudah digelitik.

Dalam usaha problem solving menyangkut berbagai urusan kehidupan,

sabar merupakan kekuatan yang sangat besar dan efektip. Oleh karena

itu al Qur’an secara jelas mengingatkan agar dalam upaya memohon

pertolongan kepada Tuhan, jangan lupa membangun infrastruktur

psikologinya yang terdiri dari kesabaran dan doa (salat). Ya

ayyuhalladzina amanu ista`inu bis sobri was salat, innalloha ma`a as

sobirin (Q/2:153).

dikutip dari milis DT postingan dari :

agussyafii

http://mubarok-institute.blogspot.com

About these ads
83 comments
  1. kalo bisa di buat artikel yang lain agar dapat membantu saya dalm kuliah psikologi Emosi..
    sebelumnya trimakasih atas artikel ini.. bagus n sangat menbantu

  2. putri awan said:

    bagus…..
    tapi lebih bagus lagi…..ada prakteknya, misalnya disetiap akhir ilmu yang diberikan ada hal-hal yang anjurkan untuk dilakukan, mengajak pembaca untuk mepraktekkan sesuatu…sehingga pembaca dapat secara langsung merasakan apa yang dijelaskan atau ilmu yang telah dibaca… :)
    terima kasih atas ilmu yang diberikan……] ;)

  3. putri awan said:

    artikelnya bagus…. ;)
    tapi lebih bagus lagi….jika disetiap artikel tersebut di berikan sebuah praktek, maksud saya ada sesuatu yang bisa di praktekkan setiap pembaca, seperti permainnan yang telah disiapkan tim pembuat artikel untuk dapat dipraktekkan pembaca, sehingga pembaca dapat merasakan secara langsung ilmu yang telah didapat pembaca.
    terima kasih atas ilmunya…diatas. ;)

  4. vina said:

    aku ingin membuat sebuah buku tentang kesabaran..
    bisa tidak anda beritahukan bagaimana cara agar bisa menjadi pribadi yang sabar dan apakah jika seseorang diejek temannya dan menjadi sabar, dia bisa dikatakan kalah??
    bagaimana bisa sabar menghadapi orang yang sngat jahat pada kita??

  5. leTno said:

    bagus banget, lo bisa ditambah yang lebih bisa masuk in my inspiration, key?………
    bagaimana menumbuhkan kesabaran agar tidak menjadi kalut?

  6. iman juliawan said:

    artikel ini cukup bagus dan menarik, tapi jikalau bisa lebih diperjelas lagi

  7. serina natalia said:

    Alhamdulillah ada baiknya komentar dari anda. Semoga setiap dari kita akan bersabar selalu walaupun apa terjadi. Sifat sabar mencerminkan orang itu bersifat sopan dan sangat mulia peribadinya. Wassam

  8. sue said:

    tq 4 d article.

  9. reski said:

    jujur saya suka about artikelnya……
    tapi yang paling dibutuhkan oleh pembaca adalah
    bagaimana cara praktek untuk mengendalikan emosi, semisalkan kita yang sedang nganggur gak ada kerja, disamping itu kita banyak HUTANG…………..GMN donk

  10. Bangun Prasseno said:

    orang yg sudah mencapai tingkat shiddiqqin bisa diartikan orang yg tidak mau maju, hati hati.
    SABAR menurut saya cukup sederhana “berhenti sejenak dan berfikir untuk melanjutkan langkah berikut dengan hasil lebih baik” kalau hasil tak lebih baik ya gak usah melangkah/melawan. tapi kalau hasil lebih baik, lawan dan kita semua bisa maju.

    contoh lain, kita bisa memaki bawahan jika memang itu melecut dia makin maju, tapi kalau malah jadi stress, jangan dimaki, tegurlah dengan halus. Gitu aja kok repot.

  11. iMe_chan said:

    Good!

  12. m-yogya said:

    ass..
    menurut gw sabar tuh, kunci kita mendapatkan apa yg kita inginkan,
    karena Allah SWT ga pernah tidur.. dan sabar adalah kunci utama selain doa yg harus selalu dipanjatkan untuk segala kebahagiaan hidup didunia & akhirat…’
    peace.. yach

  13. Sabar menurut saya tidak ada batasnya selama pengertian sabar itu di artikan sebagai “berusaha dengan segenap cara untuk tetap berada di jalan yang diridhai oleh Allah”, Bukan termasuk orang yang sabar kalau membiarkan kemaksiatan terjadi, dan bukan termasuk orang yang bersabar memberantas kemaksiatan tetapi berakibat munculnya kemaksiatan lain seperti perbuatan anrkhis, merusak dan mendzalimi orang lain.

    Sabar bukan sikap pasif dengan pengertian menunggu. Sabar itu suatu sikap proaktif, memerhati keadaan yang dihadapi untuk melihat peluang berbuat baik dan memberikan sumbangan secepat mungkin. Sabar itu sikap kreatif dalam kebersamaan. Melakukan tindakan kreatif sendiri jauh lebih mudah, daripada menciptakan tindakan kreatif bersama. Kerana dalam kebersamaan, kelompok atau jemaah, tindakan kreatif semestinya sebuah simfoni yang harmoni.

    Justeru, kesabaran bererti suatu kombinasi sikap mental yang terfokus pada tujuan perubahan yang diukur, kegigihan dalam berjuang, dan tekun atau tabah. Sabar adalah bukan kata sifat, melainkan kata kerja, bahkan kata kerja kreatif penuh daya imaginasi.

    Al-Quran dengan jelas dan nyata memuji dan memberkati orang yang sabar dalam perjuangan mereka demi mencapai matlamat dan mereka dimasukkan dalam golongan orang yang melakukan kebajikan dengan sebenar-benarnya. Dalam perkara ini, al-Quran menyatakan maksudnya: “…dan ketabahan orang yang sabar dalam masa kesempitan, dan dalam masa kesakitan, dan juga dalam masa bertempur dalam perjuangan perang Sabil. (Orang yang demikian sifatnya), mereka itulah orang yang benar (beriman dan mengerjakan kebajikan); dan mereka itulah juga orang yang bertaqwa.” (Surah al-Baqarah: 177)

  14. biar cerdas n jauh dari emosi,
    makanya jauhi minuman keras, dan zat2 yang memabukan……..
    ok

  15. Jelita said:

    ilmu bermanfaat yang nanti bakal jadi bekal anda nih..
    trimakasiii.

  16. mazzea said:

    it’s a great article!!!!! tapi lebih great lagi jika dibarengi dengan prakteknya…………ok?

  17. vera said:

    saya selalu ingin berusaha sabar, tapi tidak pernah bisa. bagi say sabar ilmu yang sangat sulit.

  18. dewod said:

    sabar.. kadang lelah banget dengan kata ini…

  19. ayyub said:

    konsep kesabaran memang sangat sempurna dan baik untuk dilakukan tetapi untuk saat ini aku sangat membutuhkan hidayah untuk lebih bisa bersabar dalam mengarungi hidup ini dengan berbagai antek2nya.

  20. pie said:

    kesabaran….kadang sulit tuk diterapkan…

  21. Ass…
    aku pengen jadi orang sabar, bimbing aku dengan artikel dan wejangan dari anda-anda sekalian. sebelumnya terima kasih.
    Wass…

  22. abdul rakhman said:

    sabar memang kalimat yang sudah tidak asing bagi kita . tapi apa yang terkandung dalam kalimat sabar itu sangat luar biasa jika kita bersabar maka akan menjadi kekuatan yang sangat luar biasa sepuluh kali lipat dan sabar sebagian dari agama dan pahala yang besar bagi orang ornag yang bersabar. semoga kita semua bisa menjalankan dan memperaktekannya.

  23. cha_Q said:

    paZZz…. bGd ma pa yG gUw RsaIn…..tapi emang bener koq sabar ntu bkin smw nya terkendali……..sDikit iklan gUw gY btuh tmen crhat caLLing gUw yaaa di nope -0231-3632424 gUw tnggU Yaaaaa

  24. ass ww barakallahu laka wa usratika, blog cantik dan bermanfaat bagi pembaca, jazaakumullah.
    salam kenal. makasih

  25. BaguS JugA…
    MOgA…MOgA bISa BerManFaat…
    AmiEnnn

  26. ana said:

    makasih atas saran’a mngkn dgn sbr aku bisa jd orng yg brarti…..

  27. nono said:

    OK Good… sangat bermanfaat banget bagi kita
    oarng yang baca pun pasti suka.

  28. nono said:

    Sabar adalah kalimat yang tidak asing lagi bagi semua orang,semua orang tau apa sabar itu tapi yang susah adalah menjalankan. Semoga blog yang anda buat dapat bermanfaat bagi kita semua dan menjadi inspirasi semua orang ameeeeen…!

  29. Jumatul banu said:

    Ass,Ya ikhwanusshobirin, salam kenal dan salam gembira untuk orang orang yang senantiasa berakhlak sabar dan tabah serta syukur atas segala sesuatu yang terjadi. bagi yang mau jadi temanku, please send me mail to bennyjumatul@yahoo.com/bennyjumatul@gmail.com:idea:

  30. bagus….pisan,ijin untuk di sebarkan dan diedit seperlunya, untuk keperluan pribadi dan da’wah

  31. prabu said:

    Bikin artikel gampang… coba praktekin…

  32. hikmah said:

    Assalamu’alaikum

    Syukran Atas tulisannya. Bikin lagi dengan tema yang sama ya…
    jaz…

  33. cevyh@yahoo.com said:

    artikelnya bagus
    apakah kesabaran ada hubungannya dengan profesionalisme

  34. Vivi said:

    bagus.

  35. Endar96 said:

    Saya setuju sekali penyataan kang_erry :
    Sabar menurut saya tidak ada batasnya selama pengertian sabar itu di artikan sebagai “berusaha dengan segenap cara untuk tetap berada di jalan yang diridhai oleh Allah” yang mencoba memperbaiki kalimat “Tetapi sabar juga ada batasnya”. Semoga dapat di perbaiki atau ditambahkan

  36. saat saya ada sedikit masalah….dengan orang tua….setelah itu saya mencoba mengetik kalimat sabar di koom google….terimakasih kiranya saya dapat pemahaman tentang kesabaran dalam arti luas….terimakasih atas tulisannya…sabar dalam arti luas adalah mencakup dimensi yang sangat luas.trims

  37. Sabar adalah tingkat kemampuan seorang terhadap mengatasi setiap masalah yang datang. Tingkatan ini juga memiliki tingkat keterbatasan, sehingga bisa membuat orang hilang kendali. Padahal sesungguhnya manusia tidak akan di beri beban dari sang pencipta jika beban tersebut di luar batas kemampuan seseorang.

  38. ronny said:

    bagus. .
    tapi bener sepertii yang di bilang putri awan, lebih bagus ada cara/tahap” yang harus kita lakukan setelah teori. .
    hihi. .

    tapi terimakasih atas artikel sabar’y. .

  39. imma said:

    Assalamualaikum….! jk Allah menguji qt,berarti Ia sayang ma qt! sabar…sabar..!

  40. RENA said:

    k”…kayanya w musti extra sabar dgn hal”yg berbau cwo,lg pula jika nanti wkt khan mnjwb pst keagungan cinta dari benih”kesabaran akan datang dng sendri’a……
    thanks yh dah mo bca…

  41. YAnThIe.... said:

    Kayanya w musti extra sabar dgn hal”yg berbau cwo,lg pula jika nanti wkt khan mnjwb pst keagungan cinta dari benih”kesabaran akan datang dng sendri’a……
    thanks yh dah mo bca…

  42. dudun said:

    kalau gitu apa hubungan sabar dengan IQ,SC,CQ

  43. muhammad sadirin said:

    sabar………sabar..ayo kita sabar..
    sjrg bnyk org tdk sbr
    apalagi saat ini….. tahu sendiri ….
    hanya orang yang beriman yang memiliki kesabaran…..

  44. susi said:

    sabar terus…
    sabar…!sabar…!
    Bismillah, mga w sabar..
    Doain ya!

    Hidup sabar!
    Takbir!

  45. widyaharningtyas said:

    suabar…suabar..rasanya srg bgt deh ngomong kyak gini sambil ngurut dada….tp prakteknya ampun…..susah bgt….

  46. Ping-balik: Sabar « Blog Kito

  47. maya said:

    bagus, yah… bagus, buat motivasilah…

  48. Christiawan Fajar said:

    yup mas, artikel yang bagus…

  49. yadie said:

    terimakasih alhamdlla saya dpt belajar ini semua tentang sabar………..
    wasalam……….

  50. fantastic4crab said:

    salam kenal,

    saya jadi lebih mengerti tentang hakikat sabar nih.. makasih banyak ya… biasanya saya menganggap jika saya diam dalam suatu perdebatan atau mendengar hal-hal buruk yang dilontarkan tentang saya, saya sudah termasuk sabar, ternyata sabar tidak begitu ya, tetapi juga mengendalikan hati sehingga tidak menjadi benci atau dendam…

  51. ecco said:

    Alhamdullah sy dpt pelajaran yang berharga…,sy akn cb terapkan.mhon doa restunya…!!!! moga Sukses.

    • YADI said:

      AMIN

  52. yordanis said:

    Tentu, bagaimana dia tidak akan cerdas, dia bersama Yang Menciptakan langit dan bumi alam semesta, Yang meng-adakan dan Yang mentiadakan, Yang mematikan dan Yang menghidupkan, Yang mencerdaskan dan Yang membodohkan, Jadilah kekasihNya senantiasa bersamaNya. Innallaha ma’a shobiriin.

  53. ima said:

    That’s a great. Sabar…..sabar…… kpn saya bisa sabar menjaga hati ini. Alloohu Akbar 3x

  54. Ass…
    Sblmnya trims,artikelnya bagus..saya juga sdang bljar tntang sabar menghadapi kehidupan dunia ,tapi yg lebih pnting kt bersabar kt harus di barengì dg bersyukur atas pa yang kita peroleh darinya…apapun itu…so” sabar & bersyukurlah…

  55. ane suka artikl sabar…
    sejauh ap si kesbarn untuk meraih kesuksesan dalam menjalnkn printh dri allah,,,????????

  56. Ryan Nur I said:

    Pak kenapa aq paling sulit menahan sabar

  57. Ryan Nur I said:

    pak saya anak usia sepuluh tahun kenapa sulit menahan sabar

  58. Muhammad Erfan said:

    artikel yg bagus…kita bisa termotivasi untuk segera menerapkannya dalam kehidupan….teruskan menulis artikel yg mendidik seperti ini….

  59. dalam bersabar , terkadang saya ragu apakah kesabaran yang saya lakukan itu benar ? apakah itu bukan suatu hal yang membiarkan orang lain dengan senang hati menyakiti saya ?

    ditunggu jawabannya ..
    thanks before :)

  60. sabar dalam keadaan lapang dan sempit, sabar dalam susah dan senang, tiada dikarunia kesabaran kecuali dia akan memperoleh kebaikan.

  61. YADI said:

    SABAR (LUAR BIASA)

  62. lala said:

    makasih y…udah sangat membantu. smoga artikel-artikel yg lainnya lebih baik lagi..

  63. lala said:

    makasih y…artikelnya sangat bermanfaat.

  64. DIAS said:

    bagus bngt artikelnya,,, sngat baik di bbca untk smw umur khususnya ank muda yg masih labil dlm mengngendakilan emosinya..

  65. achmad fathoni said:

    pak knpa ku sering muncul emosi,apalagi kbelet…..

  66. ade wira s said:

    bagus banget artikel nya ”””bagus di baca semua umur dewasa mau pun anak anak”””””””

  67. Amelz said:

    Askom…
    pak kenapa ea,susah x sya untuk bersabar
    padahal saya slalu berusaha untuk sabar
    tapi slalu gk_bisa..
    saya ingin sekali jadi wanita yg sabar…..
    kasih solusi_na dunkz pak…

    waskum…….

  68. sabarrr , ,
    kta yg mungkn bisa bwt akk gila , ,

  69. syukril fuaddy said:

    terima kasih artikelnya bagus sekali bisa memotifasi kita.

  70. pak/bu,kentaranya saya walaupun diam mata melotot
    cara mengatasi dasar yang perlu dilakuin terus kenapa bisa bgtu
    mohon penjelasannya…!!!???

  71. Cassanova said:

    great article :D

  72. Ummuyumna said:

    terimakasih artikelnya, mencerahkan hati yg sedang kalut…Sabar…tapi sy sering sulit membedakan antara sabar dan tertekan tidak berdaya????
    apalagi saat menghadapi orang tua atau mertua.Sering menerima aja krn klau membela diri khawatir meyakiti dan jd durhaka…???

  73. suroto said:

    sabar itu sifat yang tiada duanya.pahit memang tapi manis buahnya………..
    buku islami

  74. johanez sisiluetsenja bsm said:

    oke tuk motivasi wawasan hidup

  75. salsabila putri said:

    orang penyabar di sayang Alloh SWT

  76. akbar said:

    btul tuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: